Misteri Mawar Hitam

unik menarik 60

 

Selama ini bunga mawar dikenal sebagai ratu bunga yang melambangkan cinta, kasih sayang dan kehidupan. Tanaman mawar berasal dari dataran Eropa Timur, yang kemudian berkembang ke dataran Cina dan Timur Tengah. Setelah itu, perkembangannya sangat pesat hingga kemudian menyebar luas ke daerah-daerah beriklim dingin (subtropis) dan daerah panas (tropis). Selain mawar merah dan putih yang sudah sangat dikenal, sekarang juga telah dikembangkan bunga mawar berwarna hitam.

 

Di antara berbagai jenis bunga mawar, jenis bunga mawar hitam adalah yang paling langka. Keberadaan bunga mawar hitam selama ini identik dengan ilmu hitam atau digunakan untuk bahan sesaji dalam ritual-ritual tertentu. Selain itu bunga mawar hitam juga melambangkan perpisahan, akhir dari suatu hubungan, atau berakhirnya suatu kerjasama. Apapun maknanya, sosoknya yang berwarna hitam pekat tidak saja unik tetapi juga mengundang misteri.

 

Bunga mawar hitam hanya ditemukan di pedalaman hutan-hutan belantara yang bersuhu sejuk dengan curah hujan tinggi. Biasanya tanaman mawar hitam tumbuh sebagai parasit dengan menempel pada batang atau akar pohon berukuran besar. Namun, apa yang telah kita kenal selama ini sebagai bunga mawar hitam sebenarnya adalah jenis bunga mawar merah yang mempunyai intensitas warna merah yang sangat banyak atau pekat sehingga mendekati warna hitam. Kepekatan warna merah dari jenis bunga mawar merah tersebut disebabkan oleh kandungan pigmen antosianin dan senyawa flavonoid yang sangat tinggi. Banyak penyebab yang menjadikan jenis bunga mawar merah tersebut memiliki kepekatan warna yang tinggi sehingga terlihat seperti sebuah bunga mawar hitam. Di antaranya, varian atau spesies jenis bunga, cuaca, sinar matahari, kandungan substrat tempat tumbuh, dan kelainan genetik.

 

Tapi adakah sesungguhnya bunga mawar berwarna hitam? Ternyata ada bunga mawar yang benar-benar berwarna hitam, yaitu di Halfeti, desa kecil di Provinsi Sanliurfa, Turki. Mawar hitam dari Halfeti berwarna hitam pekat, yang merupakan warna alaminya. Ini adalah bunga musiman, hanya mekar pada musim panas dalam jumlah yang sedikit. Hal itu yang menyebabkan mawar hitam ini sangat langka. Mengutip Oddity Central, mawar ini berwarna merah pekat saat pertama mekar di musim semi. Namun makin lama warnanya semakin menghitam hingga berwarna hitam pekat di musim panas. Warga Turki menganggap mawar Halfeti sebagai simbol dari misteri, harapan dan keinginan, juga kematian dan kabar buruk. Meski begitu, mawar ini berhasil menggaet turis dari berbagai belahan dunia untuk menyambangi desa Halfeti. Sayangnya saat ini bunga mawar hitam ini semakin langka sehingga pemerintah setempat melakukan segala cara untuk mengembangkan mawar hitam ini. Benih-benih mawar hitam dibudidayakan di rumah kaca. (detik.com dan sumber lain)