Tanaman Suka Musik Klasik

 

Unik menarik 55

Musik pada dasarnya diciptakan untuk dinikmati oleh manusia. Namun, jangan kaget ternyata tanaman juga bisa menikmati musik, bahkan musik terbukti bisa berpengaruh pada perkembangan tanaman.  Banyak eksperimen yang  menyimpulkan bahwa musik klasik atau jazz dapat membuat tanaman lebih cepat tumbuh dibandingkan music rock. Artinya, tanaman ternyata lebih menyukai musik klasik yang lembut mendayu-dayu.

Seperti halnya yang dilakukan oleh DeMorgenzon, sebuah perusahaan anggur di Afrika Selatan yang selalu menggunakan musik baroque untuk mendapatkan hasil yang positif dalam proses pematangan buah. MythBusters, sebuah program science di TV melakukan eksperimen terhadap beberapa jenis musik dan pengaruhnya pada tanaman.  Mereka menemukan bahwa musik jazz  memiliki pengaruh yang lebih bagus terhadap pertumbuhan tanaman dibandingkan dengan musik rock atau country. Selain itu, Eugene Canby, seorang ilmuwan asal Kanada melakukan penelitian tentang musik J. S Bach dengan suasananya yang klasik dan syahdu ternyata dapat mempercepat pertumbuhan tanaman sekitar 60 persen.

Sementara petani anggur bernama Diana Grandi dan Carlo Cignozzi di  Montalcino, Italia, selalu memainkan musik klasik di kebun anggurnya di sore hari menjelang matahari tenggelam.  Hasilnya ternyata menakjubkan, selain dapat mengusir burung, hama  dan parasit yang kerap mengganggu pertumbuhan anggur, tanaman anggurnya tumbuh lebih subur dan sehat. Selain itu, bagi Diana dan Carlo bermain musik di kebun anggur juga dapat memberi efek psikologis yakni menghibur diri sambil menanti saat panen.

Bahkan sebuah perusahaan Jepang telah menciptakan alat elektronik yang bisa melihat respon tumbuhan saat diperdengarkan musik. Alat tersebut dinamakan Plantone. Alat ini  memiliki dua lampu dan dua jepit sensor yang ditempelkan pada daun. Tumbuhan akan diperdengarkan musik dan ditempelkan Plantone. Jika lampu warna merah yang menyala, tandanya tumbuhan merespon secara positif musik yang diperdengarkan. Tetapi, jika lampu hijau yang menyala berarti tumbuhan tidak merespon musik yang diperdengarkan. Ternyata lampu merah menyala terang ketika musik klasik atau jazz diperdengarkan. Bagaimana kalau musik dang-dut atau keroncong? (dari beberapa sumber/Windra)