Tomat Hitam Kaya Antioksidan

th

Tomat unik yang awalnya dikembangkan di Oregon State University, Amerika ini merupakan bagian dari proyek Indigo Rose. Dalam proyek ini para ilmuwan bersatu untuk mengembangkan produk buah atau sayuran yang memiliki kandungan gizi lebih tinggi dibandingkan tanaman lainnya. Oleh karena itu tomat ini diberi nama tomat Indigo Rose, yang merupakan hasil persilangan tomat berwarna ungu dan tomat liar. Tomat dengan nama latin Solanum lycopersicum ini memiliki warna hitam keunguan bahkan cenderung hitam pekat. Rasa tomat ini agak berbeda dari tomat sayur yang berwarna merah atau hijau karena cenderung hambar dan tidak manis.

 

Selain berbeda secara fisik, tomat hitam juga lebih sehat dibanding tomat merah. Para ilmuwan di Amerika Serikat mengatakan, tomat hitam mengandung anthocyanin dan antioksidan yang membantu memerangi diabetes dan obesitas. “Tomat ini memang tidak semanis tomat normal, tapi rasanya lebih gurih. Bagus untuk dipanggang dan dimakan dengan salad,” kata Alfie Jackson, asisten manajer produk dari Sutton Seeds, perusahaan yang memasarkan benih tomat ini.


Sebelum Indigo Rose, sudah ada beberapa tomat berwarna gelap yang pernah dikembangkan. Namun, tomat ini diklaim sebagai satu-satunya yang paling gelap warnanya.
Alfie menjelaskan, timnya menemukan tomat dengan pigmentasi ungu berkat kandungan anthocyanin. Kandungan yang sama juga terdapat pada blueberry.
“Kami kemudian menyilangkan tomat ungu dengan beberapa tomat liar hingga akhirnya terciptalah tomat berwarna hitam ini,” lanjutnya Alfie.

Meskipun warnanya gelap namun daging tomat ini tetap berwarna merah keunguan. Pertumbuhannya memakan waktu hingga 90 hari dan memerlukan cuaca yang tidak terlalu panas dan basah. Dalam satu pohon bisa dipanen 3-4 kilogram buah tomat. Di Indonesia mulai banyak yang mengembangkan tomat jenis ini terutama di kawasan Lembang, Jawa Barat. Mau mencoba menanam? (dari beberapa sumber/Windra)